Jangan Panik! Ini Kata Dokter Spesialis Anak Mengenai Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak

- 21 Oktober 2022, 17:48 WIB
Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Terus Meningkat, Waspadai Gejala-Gejala Awal Ini.
Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Terus Meningkat, Waspadai Gejala-Gejala Awal Ini. /Rsabhk.co.id/

PRFMNEWS - Saat ini sedang ramai diperbincangkan mengenai gangguan ginjal akut pada anak yang membuat setiap orang tua panik.

Hal ini membuat Ketua Divisi Nefrologi KSM Ilmu Kesehatan Anak RSHS, Prof. Dr., Dany Hilmanto dr, Sp.A (K) memberikan himbauan agar jangan panik dan harus tetap waspada.

Terkait istilah yang umum digunakan di masyarakat yakni Gagal Ginjal AKut, Prof Dany menyampaikan agar sebaiknya kita mengganti istilah tersebut.

Baca Juga: Teddy Minahasa Terancam Hukuman Mati atas Kasus Narkoba, Begini Tanggapan Pengacara

Istilah yang disarankan diganti oleh Prof Dany yaitu dengan menyebutnya sebagai gangguan ginjal, menurutnya ini menunjukan adanya fase-fase sebelum ke fase gagal.

“Penting dikenalkan istilah Gangguan ginjal, bukan gagal ginjal untuk menunjukan bahwa jika dideteksi secara dini tingkat kesembuhan akan tinggi,” terang Prof Dany.

Penyakit ini disebut dengan Gangguan Ginjal Akut (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) karena sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya.

Namun, para ahli sedang berupaya terus melakukan penelitian mengenai penyebab penyakit ini dan mendukung pemerintah agar sedapat mungkin diketahui penyebabnya.sehingga masyarakat dapat mengetahui cara pencegahan yang tepat.

Baca Juga: Patuhi Aturan BPOM, Kalbe Farma Sebut Obat Sirup Produksinya Tidak Gunakan Bahan EG dan DEG

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x