Patuhi Aturan BPOM, Kalbe Farma Sebut Obat Sirup Produksinya Tidak Gunakan Bahan EG dan DEG

- 21 Oktober 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi obat sirup yang mengandung Etilen Glikol.
Ilustrasi obat sirup yang mengandung Etilen Glikol. /Pexels/Cottonbro/

PRFMNEWS – PT Kalbe Farma Tbk mengklaim bahwa setiap obat sirup atau cair produksinya aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan baku Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

PT Kalbe Farma mengatakan setiap obat sirup yang diedarkan pada masyarakat tidak menggunakan EG dan DEG dalam proses produksinya ini sebagai bentuk kepatuhan atas standar yang ditetapkan BPOM.

Kalbe Farma dalam keterangan resminya, Kamis 20 Oktober 2022, menyatakan bahwa selalu menjaga kualitas dan memenuhi standar pembuatan obat (CPOB) dan distribusi obat (CDOB) yang sudah ditetapkan BPOM.

Baca Juga: Putri Candrawathi Ajukan Eksepsi, Jaksa Minta Hakim Tolak Hal Tersebut

Terkait dengan pemberitaan di masyarakat mengenai kebijakan tidak mengedarkan atau mengonsumsi obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk cair/sirup, Kalbe Farma menekankan kebijakan antisipatif pemerintah tersebut juga telah jadi perhatian mereka dalam memasarkan obat kepada masyarakat.

Setiap produk yang diedarkan dipastikan telah mematuhi seluruh ketentuan BPOM. Selain tidak menggunakan kedua bahan baku itu, pihaknya turut memeriksa kembali produk-produk Kalbe Farma dari kandungan EG dan DEG supaya aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Kalbe Farma mengaku akan terus memperkuat koordinasi dengan BPOM dan pihak terkait lainnya agar peredaran obat seperti ketersediaan obat sirup sesuai dengan panduan yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Bertemu di Jakarta, Presiden Jokowi Sambut Baik Strategi Tony Blair untuk Promosikan IKN

Sebelumya, Kementerian Kesehatan bersama BPOM berkoordinasi untuk sepakat menarik 5 produk obat sirup yang mengandung EG melebihi ambang batas aman.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x