Inilah 6 Tanda-Tanda Kematian Menurut Imam Al-Ghazali, Benarkah Sering Terasa Saat Ashar Tiba?

- 10 Oktober 2022, 16:25 WIB
Ilustrasi Pemakaman
Ilustrasi Pemakaman /riffa anggadhitya/jakarta.go.id


PRFMNEWS - Kematian merupakan salah satu rahasia Allah SWT yang tidak akan diketahui oleh manusia. Dan, setiap yang bernyawa pasti akan mati.

Tidak dipungkiri lagi bahwa kita hanyalah menunggu waktu untuk kembali kepada Sang Pencipta, tanpa tahu kapan hal itu akan terjadi, di mana kita akan mati dan bagaimana kita mati.

Kematian merupakan suatu hal yang mutlak akan dihadapi makhluk hidup di dunia. Bila telah digariskan waktunya, siapapun, kapanpun, dan dimanapun kematian akan tetap menjemput.

Baca Juga: Sunnah Buka Puasa Sesuai Ajaran Nabi, Dipaparkan Kementerian Agama

Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim.

Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Luqman: 34).

Hanya saja dengan bekal keimanan dan ketakwaannya, seseorang bisa saja lebih peka terhadap tanda-tanda kematian yang akan mendatanginya.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Memasang Eyelash Extension Menurut Islam?

Sebagaimana Imam Al-Ghazali yang diriwayatkan telah mengetahui tanda-tanda akan datangnya kematian sehingga beliau pun mempersiapkan diri dalam menghadapi sakaratul maut.

Termasuk dengan mandi, berwudhu dan mengenakan kain kafan hingga sebatas tubuhnya karena untuk bagian kepala beliau meminta bantuan kakaknya, yaitu Imam Ahmad.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x