7 Penyakit Hati dalam Islam yang Jarang Disadari

- 8 September 2022, 07:15 WIB
Ada 7 jenis penyakit hati dalam islam.
Ada 7 jenis penyakit hati dalam islam. /PIXABAY/

PRFMNEWS - Dalam Islam, hati seseorang dianggap sebagai penentu sifat, baik buruknya seseorang ditentukan dari dalam hatinya.

Hati dalam bahasa Arab disebut dengan Qalbu, selain itu hati memiliki peran penting pada akhlak seseorang karena merupakan tempat lahirnya perasaan.

Hati juga merupakan tempat bersemayamnya keburukan yang disebut dengan penyakit hati. Penyakit hati adalah penyakit atau gangguan yang ada pada hati dan perasaan manusia.

Sedangkan penyakit hati dalam Islam adalah gangguan dalam hati seseorang yang bisa mempengaruhi perilaku dan perbuatannya. Perihal penyakit hati ini disebutkan dalam firman Allah SWT pada Alquran surat At-Taubah ayat 125 yang berbunyi:

وَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا اِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوْا وَهُمْ كٰفِرُوْنَ

Artinya: "Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surah itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir." (QS. At-Taubah, ayat 125)

Baca Juga: Kebiasaan Penggunaan Ponsel Membuat Tulang Belakang Jadi Tidak Sehat, Begini Mengatasinya

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada umat Islam untuk selalu menjaga kesucian dan kebersihan hati. Hal ini agar setiap umat Muslim dapat terhindar dari penyakit hati dan sifat-sifat yang tercela.

Apa Saja yang Termasuk Penyakit Hati dalam Islam?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x