Mudah Diikuti 6 Cara Cegah Penyakit Diabetes Melitus, Disampaikan Kemenkes

- 23 Agustus 2022, 21:50 WIB
Ilustrasi Diabetes
Ilustrasi Diabetes /Pixabay.com/

PRFMNEWS – Diabetes Melitus merupakan penyakit tidak menular namun termasuk dalam kategori penyakit yang membahayakan dan penyakit no 3 tertinggi penyebab kematian.

Terdapat 4 jenis diabetes yakni, tipe 1 karena kekeliruan sistem imun karena faktor genetik yang mengharuskan terapi insulin seumur hidup, tipe 2 sebagian besar terjadi karena gaya hidup, DM gestasional yang terjadi pada kehamilan dan DM jenis lain yang terjadi karena obat-obatan atau penyakit tertentu.

Diabetes tipe 2 tentunya bisa dicegah agar tak terjangkit bahkan hingga menimbulkan sejumlah komplikasi.

Baca Juga: Waspada Diabetes pada Anak, Berikut Ini Tanda Atau Gejala yang Wajib Orangtua Ketahui

Dijelaskan oleh Promkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada laman resminya, berikut 6 cara cegah diabetes melitus:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, termasuk kemungkinan terjangkit penyakit diabetes. Bagi yang perlu menurunkan berat badan hingga mencabai berat badan ideal atau yang mempertahankan berat badan ideal, perlu mengatur pola makan.
Dijelaskan Kemenkes, salah satunya juga bisa mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan yang kaya akan serat.

Baca Juga: dr Malik Mumtaz Beberkan Obat Ajaib untuk Sembuhkan Diabetes

2. Berhenti Merokok

Rokok memiliki dampak pada kesehatan termasuk bisa meningkatkan peluang terkena diabetes. Berdasarkan penelitian, merokok bisa meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe II sebesar 30%-40%. Hal tersebut karena rokok bisa menyebabkan tubuh lebih resisten terhadap insulin.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah