Kebiasaan Penggunaan Ponsel Membuat Tulang Belakang Jadi Tidak Sehat, Begini Mengatasinya

- 8 September 2022, 06:15 WIB
Ilustrasi tulang belakang tidak sehat karena penggunaan ponsel atau handphone.
Ilustrasi tulang belakang tidak sehat karena penggunaan ponsel atau handphone. /PIXABAY/StockSnap

PRFMNEWS - Bagian leher dan postur kepala ke depan yang kerap kali kita terapkan saat menggunakan ponsel, dapat menciptakan sebuah tonjolan di punggung atas yang biasa disebut "punuk janda".

Jika kita sedang membaca sesuatu di ponsel, anggap ini sebagai pengingat untuk mengangkat kepala dan meluruskan punggung.

Hal itu dilakukan karena, selain akan mengakibatkan sakit punggung dan leher, kita bisa menyiapkan diri untuk munculnya tonjolan bulat di punggung bagian atas.

Baca Juga: Pemprov Jabar Buka Pendaftaran Tryout Tes CPNS Online, Bisa untuk Semua Masyarakat

Biasanya hal umum seperti ini dapat terjadi pada pekerja kantoran yang seringkali berada di depan layar komputer dan duduk.

Meskipun tidak ada bukti bahwa permasalahan postur tubuh yang buruk dan lengkungan berlebihan itu bisa menyebabkan kyphosis struktural permanen.

"Kebiasaan postur yang buruk dengan memiringkan kepala ke depan, yang terkait dengan penggunaan ponsel dan pekerjaan di meja komputer akan memperburuk kyphosis di punggung atas kita dan menyebabkan punuk janda yang lebih menonjol, ”kata Xu Weijie, fisioterapis senior dengan Core Concepts.

Baca Juga: Spoiler Manga One Piece Chapter 1059, Boa Hancock Bentrok Lawan Kurohige, Coby Diculik

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena postur tubuh yang buruk dalam waktu lama melemahkan otot punggung dan ligamen tulang belakang kita.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: channelnewsasia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x