Apakah Kamu Suka Menimbun Barang Bekas? Bisa Jadi Kamu Kena Gangguan Jiwa Hoarding Disorder

- 28 September 2022, 13:45 WIB
Apakah Kamu Suka Menimbun Barang Bekas? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Kena Gangguan Jiwa Hoarding Disorder! /instagram@traumatechinc /
Apakah Kamu Suka Menimbun Barang Bekas? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Kena Gangguan Jiwa Hoarding Disorder! /instagram@traumatechinc / /

PRFMNEWS - Apakah kamu sulit mengucapkan selamat tinggal atau tidak tahu harus bagaimana menyingkirkan barang-barang yang barang-barang milikmu yang tidak terpakai lagi?

Perilaku tersebut perlu diwaspadai sebagai gejala hoarding disorder.

Hoarding disorder adalah ketika seseorang terus-menerus mengalami kesulitan melepaskan atau membuang barang-barang terlepas dari nilainya. Mereka memiliki kebutuhan yang dirasakan untuk menyimpan barang-barang dan ada kesulitan yang terkait dengan membuangnya. Hal ini menyebabkan akumulasi harta benda dan sampah yang mengacaukan tempat tinggal seseorang.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Penyakit Alzheimer yang Perlu Diwaspadai

Banyak orang mengumpulkan barang-barang sebagai hobi atau untuk alasan sentimental, mulai dari perangko hingga gigi anak-anak mereka. Tetapi bagi orang-orang dengan gangguan penimbunan, mereka mengumpulkan barang-barang karena sulit bagi mereka untuk membuangnya.

Gangguan penimbunan ini juga dikaitkan dengan kelainan fungsi otak dan kinerja neuropsikologi.

Gejala hoarding disorder

Hoarding disorder muncul secara bertahap. Sebagian orang bisa saja tak menyadari menunjukkan gejalanya. Mengutip Healthline, adapun beberapa gejala dan risiko hoarding disorder antara lain:

1. Merasa tak bisa membuang barang yang dikumpulkan entah itu benda yang bernilai atau tidak

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x