7 Fakta Tentang Penyakit Alzheimer yang Perlu Diwaspadai

- 28 September 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi penderita Alzheimer.
Ilustrasi penderita Alzheimer. /Pexels.com /Kindel Media


PRFMNEWS - Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak yang secara perlahan menghancurkan memori jangka pendek dan kemampuan berpikir, serta kemampuan untuk melakukan tugas yang paling sederhana.

Penyakit Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia atau penyakit otak yang berhubungan dengan kehilangan memori dan menurunnya keterampilan kognitif.

Jika kamu atau orang yang kamu cintai telah didiagnosis dengan Penyakit Alzheimer, maka kamu mungkin harus akrab dengan tantangan mental yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond bagi Tubuh, Atasi Perut Buncit hingga Cegah Alzheimer

Hal ini dapat membuat tugas yang paling sederhana dan paling sering menjadi sulit adalah penderitanya kehilangan kemampuan untuk mengenali wajah orang yang mereka cintai. Namun selain fakta yang dapat diamati dan diketahui umum tentang penyakit progresif ini, ada beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Kurang tidur dapat menyebabkan penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian menemukan bahwa penumpukan protein beta-amyloid dapat menyerang sel-sel otak dan memicu Alzheimer.

Protein tersebut umumnya terjadi pada mereka yang tidak tidur secara teratur.

2. Alzheimer adalah penyebab utama kematian pada lansia

Dilansir dari Dispatch Health, Alzheimer berada di urutan keenam sebagai penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian setelah penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, kecelakaan, dan stroke. 1 dari setiap 3 lansia akan meninggal karena Alzheimer atau bentuk lain dari demensia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x