WASPADA 9 Gejala Awal Kolesterol Tinggi, Diungkap dr Ema Surya Pertiwi

- 7 September 2022, 11:30 WIB
dr Ema Surya Pertiwi
dr Ema Surya Pertiwi /Tangkapan layar Kanal Youtube Emasuperr

 

PRFMNEWS - Kolesterol tinggi pada tubuh pada dasarnya tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala baru terlihat ketika kadar kolesterol itu sudah menyumbat dan merusak organ-organ tertentu.

Contohnya seperti area otak yang menyebabkan stroke, area jantung menyebabkan gagal jantung, area hati menyebabkan hati berlemak hingga kerusakan hati.

dr. Ema Surya Pertiwi pun menjeleaskan tentang gejala awal kolesterol tinggi, seperti dikutip dari Kanal Youtube Emasuperr.

Baca Juga: Tidak Usah Panik Kolesterol Tinggi, 5 Jenis Makanan Ini Ampuh Untuk Obatinya Kata dr. Ema

1. Tegang di area leher

Menurut dr Ema, biasanya gejala ini diawali dari rasa tegang di area leher bahkan sampai rahang lalu merembet ke area bagian bahu hingga area dada. Biasanya ini menjadi salah satu gejala adanya penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol terlalu tinggi pada area jantung.

"Jadi jika kalian merasakan rasa tegang di area leher hingga rahang setelah mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi seperti seafood, makan santan berlemak, makan kikil, rawon, daging sapi, maka harus diwaspadai bahwa itu adalah gejala dari kolesterol terlalu tinggi," kata dr Ema.

2. Kram kaki

Yang kedua kram pada kaki, apalagi kalau kram dan nyeri secara mendadak saat kalian tertidur nyenyak, langsung terbangun karena kakinya sakit sekali. Ini bisa menjadi gejala dari peripheral artery disease atau adanya penyumbatan akibat kolesterol terlalu tinggi pada pembuluh darah di area kaki.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x