Berikut Fakta Diabetes Basah dan Diabetes Kering, Dijelaskan oleh Dokter Cahyo

- 30 Agustus 2022, 06:45 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pavel Danilyuk/Pexels

PRFMNEWS - Untuk anda yang menderita diabetes tentunya sudah sangat familiar dengan istilah diabetes basah dan diabetes kering.

Orang beranggapan bahwasanya penderita diabetes yang mengalami diabetes kering atau termasuk kategori diabetes kering ini adalah penderita diabetes yang mengalami luka, biasanya lebih cepat sembuh atau lukanya tipenya kering tidak basah dan tidak mengeluarkan cairan atau nanah.

Sebaliknya, seseorang yang menderita diabetes basah ini dianggap apabila terkena luka dia akan mudah mengalami pembusukan keluar nanah seperti keluar bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Bubur? Begini Jawaban Dokter Cahyo

Tahukah Anda bahwasanya kedua istilah ini diabetes basah dan diabetes kering ini tidak dikenal di dalam dunia kedokteran.

Menurut dokter Cahyo Purnomo, di dunia medis hanya mengenal istilah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional atau diabetes dalam masa kehamilan.

Jadi apabila anda penderita diabetes kering, anda tetap harus waspada karena jika luka yang anda derita ini tidak mendapatkan perawatan yang tepat, kadar gula darah anda tidak terkontrol dengan baik, ini akan berakhir menyebabkan terjadinya luka tipe diabetes basah atau luka Anda ini akan tetap mengeluarkan cairan, membusuk, kemudian akan menghasilkan nanah atau keluar nanah.

Baca Juga: Luis Milla Tidak Dampingi Persib vs PSM Malam Ini, Manajemen Ungkap Alasannya

Jadi anda tidak bisa menganggap diri anda misalnya "Oh saya seorang penderita diabetes kering jadi saya aman, luka saya tidak akan membusuk", anda tidak boleh beranggapan seperti itu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x