Bagaimana Sembuh dari Diabetes? Coba Lakukan Hal Ini kata dr Ema Surya Pertiwi

- 29 Agustus 2022, 18:20 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

 

PRFMNEWS - Diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak membuat cukup atau tidak dapat secara efektif menggunakan insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang membantu sel untuk menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi.

Dokter Ema Surya Pertiwi mengatakan bahwa diabetes bisa terkontrol tanpa obat.

"Ternyata memang ada cara agar penderita diabetes itu bisa terkontrol gula darahnya tanpa perlu menggunakan obat-obatan," ujar dr Ema dikutip dari Kanal Youtube Emasuper.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Dinyatakan Kena Diabetes, Ini 5 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Dalam Jangka Panjang

Secara garis besar diabetes dibagi menjadi 2 yaitu diabetes type 1 yang adalah autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel Beta pankreas tempat produksi insulin, biasanya penderita diabetes type 1 bergantung pada insulin buatan seumur hidup.

Sementara diabetes type 2 adalah sel-sel tubuh bereaksi terhadap insulin sebagaimana mestinya, yang dikenal sebagai resistensi insulin.

Insulin diproduksi oleh pankreas, jadi ketika tubuh mengalami resistensi insulin akhirnya pankreas akan menghasilkan lebih banyak insulin lagi. Namun karena insulin tetap tidak bisa digunakan, maka kadar gula darah akan tetap naik.

Baca Juga: Walau Rasanya Manis, Tidak Sangka Buah Ini Aman untuk Penderita Diabetes dan Bisa Jadi Pengganti Nasi

Di posisi ini penderita diabetes membutuhkan obat-obatan untuk membantu agar insulin bisa mengikat gula darah dengan efektif lagi. Lalu bagaimana caranya agar penderita diabetes bisa lepas dari obat-obatan?

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah