Keluar Banyak Keringat dan Badan Terasa Kebas Usai Minum Obat Diabetes, Kamu Perlu Berhati-Hati

- 16 Agustus 2022, 20:35 WIB
Ilustrasi obat diabetes
Ilustrasi obat diabetes /Pixabay.com/Pexels


PRFMNEWS - Dokter Cahyo Purnomo menjawab pertanyaan dari salah satu netizen seputar adanya efek setelah minum obat diabetes, seperti keluar banyak keringat dan badan terasa kebas.

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang mengalami diabetes dan pernah merasakan hal yang sama, di mana tubuh mengeluarkan banyak keringat dan tubuh terasa kebas usai minum obat diabetes.

dr. Cahyo mengatakan bahwa bagi penderita diabetes yang mengalami kedua efek tersebut, yaitu keluar banyak keringat dan tubuh terasa kebas, maka perlu perlu berhati-hati.

Baca Juga: 10 Herbal Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah yang Menggunakan Bahan-Bahan Alami Minim Efek Samping

“Anda perlu berhati-hati karena ini adalah alarm atau peringatan dari tubuh bahwasanya, ketika Anda baru minum obat diabetes, ini telah terjadi penurunan kadar gula darah di bawah normal atau istilahnya hipoglikemia,” ujar dr. Cahyo seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal.

Jadi, gejala keluar keringat dingin dan kulit terasa kebas atau tebal, ini adalah salah satu gejala atau tanda awal tubuh mengalami hipoglikemia akibat mengkonsumsi obat diabetes.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Berat Badan Turun Drastis Pada Penderita Diabetes, Kata dr. Saddam Ismail

Apabila kamu mengalami kondisi seperti ini, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah makan permen sekitar 1-2 biji.

Selanjutnya yaitu kamu harus menyampaikan keluhan tersebut kepada dokter yang memberikan obat tersebut, bahwasanya usai mengkonsumsi obat diabetes, malah mengalami beberapa keluhan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x