Kenali 7 Tanda Bahaya Setelah Minum Obat Diabetes, Segera Periksa Hindari Hipoglikemia Kata dr. Cahyo

- 7 Agustus 2022, 06:30 WIB
Ilustrasi. Tanda bahaya usai obat diabetes menurut dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi. Tanda bahaya usai obat diabetes menurut dokter Cahyo Purnomo. /pixabay.com/qimono

PRFMNEWS - Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo mengatakan, orang diabetes memang diwajibkan mengonsumsi rutin obat penurun kadar gula darah untuk mengontrolnya tetap stabil.

Namun, dr. Cahyo Purnomo menyebut, ada beberapa orang diabetes yang setelah minum obat penurun gula darah ini muncul tanda-tanda tertentu yang perlu diwaspadai karena berbahaya.

Tanda-tanda bahaya setelah minum obat pengontrol gula darah ini, kata dr. Cahyo Purnomo jika tidak segera disadari dan diperiksakan bisa memicu hipoglikemia atau gula darah turun berlebihan.

Dokter Cahyo Purnomo menyebut, ada tujuh tanda bahaya yang bisa saja muncul setelah seseorang mengonsumsi obat diabetes dan berpotensi memicu hipoglikemia yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan kematian.

Baca Juga: Diabetes Bisa Picu Gagal Ginjal hingga Harus Cuci Darah, Benarkah Pengaruh Obat Kimia? Ini Kata dr. Cahyo

Perlu diingat, bukan berarti setiap orang diabetes setelah mengonsumsi obat pengontrol gula darah ini pasti akan menimbulkan tujuh tanda bahaya pemicu hipoglikemia ini.

Menurut dr. Cahyo Purnomo, kondisi hipoglikemia pada orang-orang tertentu yang muncul usai minum obat diabetes bisa berbahaya karena dapat membuatnya hilang kesadaran dan jatuh pingsan.

“Ada orang-orang tertentu kadang setelah minum obat diabetes justru kadar gula darahnya turun berlebihan,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

“Kondisi tersebut sangat berbahaya pada orang diabetes, dan bisa sampai jatuh pingsan kemudian jika tidak segera mendapat pertolongan bisa menyebabkan kematian,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x