Orang Diabetes Boleh Minum Air Kelapa Bakar Tanpa Takut Gula Darah Naik, dr. Cahyo: Tapi Ada Syaratnya

- 7 Agustus 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi, orang dengan penyakit diabetes tetap boleh minum air kelapa tapi ada syaratnya, kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi, orang dengan penyakit diabetes tetap boleh minum air kelapa tapi ada syaratnya, kata dokter Cahyo Purnomo. /Pixabay/Gadini/

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo mengatakan, orang diabetes aman dan boleh minum air kelapa murni maupun air kelapa bakar tanpa perlu takut gula darah di tubuhnya naik drastis.

Meski air kelapa bakar boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, dr. Cahyo Purnomo menegaskan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar gula darah tetap terkontrol usai meminumnya.

Sebelum mengungkap syarat aman minum air kelapa bakar bagi orang diabetes, dr. Cahyo Purnomo mengungkap, ada manfaat baik lain yang bisa diperoleh jika seseorang mengonsumsi air kelapa.

Baca Juga: Terjerat Kasus Narkoba, Manajer BCL Resmi jadi Tersangka

Menurut dr. Cahyo Purnomo, air kelapa adalah minuman alami yang rendah kandungan gula, rendah kalori, dan rendah indeks glikemik, sehingga air kelapa aman diminum orang diabetes selama jumlahnya wajar.

Kandungan nutrisi berupa vitamin, mineral dan antioksidan dalam air kelapa, lanjut dr. Cahyo, punya banyak khasiat lain untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

“Seperti menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, mencegah stroke, jantung koroner, batu ginjal, melawan radikal bebas, mengatasi masalah lambung, melancarkan susah BAB, menambah stamina tubuh dan lain-lain,” jelasnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Dokter Cahyo lalu menjelaskan, jika dilihat manfaat bagi kesehatan, khasiat yang dimunculkan antara air kelapa biasa dengan air kelapa bakar hampir tidak ada bedanya.

Sebab sejauh ini, tuturnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air kelapa bakar punya khasiat lebih baik bagi kesehatan dibandingkan air kelapa biasa, justru sebaliknya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah