Orang Diabetes Makan Sayur dan Buah Pahit Bikin Gula Darah Turun Tanpa Perlu Obat? Ini Kata dr. Cahyo

- 6 Agustus 2022, 09:40 WIB
Ilustrasi sayuran
Ilustrasi sayuran /Yaroslav Shuraev/Pexels.com


PRFMNEWS – Pasien diabetes dengan gula darah tinggi memang sangat dianjurkan menghindari makanan dan minuman manis yang mengandung kadar pemanis atau gula berlebih.

Tapi, benarkah orang diabetes jika konsumsi sayuran dan buah terasa pahit bisa menurunkan gula darah kembali normal sehingga tidak perlu minum obat pengontrol gula darah dari dokter?

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menjawab pertanyaan mitos atau fakta seputar makanan pahit bisa menurunkan gula darah pada pasien diabetes.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Hidup Sehat dan Normal Asal Terapkan 5 Tips Penting Ala dr. Chrisan Bimo Ini

dr. Cahyo Purnomo mengatakan, ada sejumlah pasien diabetes mengonsumsi makanan pahit dengan tujuan menurunkan kadar gula darahnya.

Orang diabetes itu menilai, lanjut dr. Cahyo Purnomo, jika mengonsumsi sayuran atau buah pahit maka mampu menurunkan gula darah, sehingga mereka sering tidak mau lagi minum obat dari dokter.

“Karena dia merasa kalo sudah makan makanan terasa pahit ini sudah cukup untuk mengatasi problem gula darah yang meningkat,” katanya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Baca Juga: 7 Camilan yang Aman dan Sehat untuk Penderita Diabetes

Penyebab orang mengidap diabetes karena jumlah hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas menurun akibat terjadi kerusakan pada organ tersebut.

“Atau juga bisa disebabkan ada masalah pada reseptor insulin yang ada pada permukaan sel tubuh, sehingga insulin ini tidak bisa dipergunakan. Akibatnya gula darah meningkat,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x