Jangan Melakukan Diet Seperti Ini, Bisa Sebabkan Munculnya Penyakit Batu Empedu

- 27 Juli 2022, 12:45 WIB
dr. Saddam Ismail menjelaskan cara mengobati asam urat.
dr. Saddam Ismail menjelaskan cara mengobati asam urat. /Tangkapan Layar youtube.com/Saddam Ismail



PRFMNEWS - dr. Saddam Ismail menjelaskan tentang cara diet yang dapat menimbulkan penyakit batu empedu.

Banyak orang yang melakukan berbagai macam cara diet untuk mendapatkan berat badan ideal, tetapi sayangnya beberapa cara diet yang salah malah dapat menimbulkan munculnya penyakit batu empedu.

Batu empedu adalah gumpalan material atau kristal padat berupa endapan yang terbentuk dalam kandung empedu dan disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu.

Batu empedu biasanya akan menimbulkan keluhan seperti kram, nyeri di perut bagian kanan atas, mual, muntah, gangguan pencernaan dan hilang nafsu makan.

Baca Juga: Jenazah Brigadir J Diekshumasi Hari Ini untuk Otopsi Ulang di Jambi

Lalu apa hubungannya diet menurunkan berat badan dengan timbulnya penyakit batu empedu?

Menurunkan berat badan memang dianjurkan jika kalian mempunyai berat badan berlebih ataupun obesitas, karena dengan menurunkan berat badan menjadi normal atau ideal, ini bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes, tekanan darah tinggi, sakit jantung, stroke, bahkan dapat mencegah timbulnya batu empedu.

Obesitas ataupun berat badan berlebih merupakan salah satu faktor terbentuknya batu empedu. Karena orang obesitas cenderung memproduksi kolesterol yang cukup tinggi, hingga lama-lama tubuh tidak akan mampu mencerna semua kolesterol tersebut, dan membuat batu empedu mulai terbentuk.

Dalam menurunkan berat badan juga harus berhati-hati, jika dilakukan dengan cara yang tidak sehat, malah dapat menimbulkan penyakit tertentu, seperti batu empedu.

Baca Juga: Soal Citayam Fashion Week Menjurus Ajang Promosi LGBT, MUI Sampaikan 2 Pesan ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x