Benarkah Ginjal Bisa Rusak Jika Kita Minum Rempah dan Rimpang? Begini Jawaban dr. Zaidul Akbar

- 14 Juli 2022, 20:30 WIB
Rempah rimpang dalam penjelasan dokter Zaidul Akbar.
Rempah rimpang dalam penjelasan dokter Zaidul Akbar. /Pexels

PRFMNEWS - Beragam rempah dan rimpang mudah ditemukan di Indonesia dan terbukti mampu bantu mencegah berbagai gejala penyakit, seperti darah tinggi, kolesterol, maag, diabetes, jantung, dan lainnya.

Dokter Zaidul Akbar menjadi salah satu ahli kesehatan herbal yang aktif membagikan berbagai resep minuman berbahan rempah dan rimpang untuk mencegah berbagai penyakit tersebut.

Lantas, apakah minum air rempah dan rimpang bisa merusak ginjal seseorang yang rutin mengonsumsinya setiap hari?

Baca Juga: Rumah Nikita Mirzani Digeledah Polisi Terkait Dugaan Pelanggaran UU ITE

Menurut dr. Zaidul Akbar, rutin minum air rebusan rempah dan rimpang tidak berbahaya bagi kesehatan ginjal, selama memang orang itu tidak menderita kerusakan pada organ tubuh tersebut.

Jenis rimpang seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas, temulawak dan lainnya kerap dianjurkan dr. Zaidul Akbar sebagai obat herbal yang efektif mencegah munculnya gejala penyakit tertentu.

Sedangkan jenis rempah, antara lain kayu manis, cengkeh, pala, serai, ketumbar, secang, kemiri, dan lainnya juga biasa disarankan dr. Zaidul Akbar untuk bahan obat herbal sejumlah gangguan kesehatan.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Karbohidrat Aman Bagi Orang Diabetes, Cegah Gula Darah Naik Drastis, Nomor 4 Pernah Coba?

Dokter Zaidul Akbar menjelaskan bahwa orang-orang dulu lebih mengenal rimpang dan rempah tersebut sebagai obat alami untuk mengurangi gejala suatu penyakit.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x