5 Makanan Sumber Karbohidrat Aman Bagi Orang Diabetes, Cegah Gula Darah Naik Drastis, Nomor 4 Pernah Coba?

- 14 Juli 2022, 17:15 WIB
Jenis-jenis makanan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.
Jenis-jenis makanan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes. /Pixabay/silviarita

PRFMNEWS - Memilih makanan sumber karbohidrat bagi orang diabetes dengan gula darah tinggi memang perlu lebih selektif.

Nasi putih jadi salah satu makanan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari pasien diabetes karena mampu menaikkan gula darah secara drastis akibat miliki indeks glikemik tinggi.

Healthy vlogger dokter Saddam Ismail punya lima rekomendasi sumber karbohidrat pengganti nasi putih yang aman bagi orang diabetes, karena bisa mencegah gula darah naik drastis usai memakannya.

Lima sumber karbohidrat rekomendasi dr. Saddam Ismail ini baik untuk orang diabetes karena miliki indeks glikemik rendah, sehingga mengurangi risiko gula darah naik drastis, juga tinggi serat dan rendah kalori.

Baca Juga: Bahaya Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal, dr. Zaidul Akbar Sarankan Kurangi Konsumsi 1 Jenis Makanan Ini

Sehingga dr. Saddam Ismail menyebut, lima sumber karbohidrat pengganti nasi putih ini tetap bikin kenyang, tapi lebih sehat dan mampu mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes.

Menurut dr. Saddam Ismail, lima makanan ini cocok bagi orang diabetes karena merupakan sumber karbohidrat kompleks yang punya indeks glikemik rendah.

Makanan dengan kadar indeks glikemiks rendah akan membuat karbohidrat yang dikonsumsi diubah menjadi gula darah lebih lama oleh tubuh, jadi mampu menjaga gula darah tetap stabil.

1. Ubi jalar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah