8 Gejala Batu Ginjal yang Harus Kamu Ketahui Sejak Dini, Begini Keluhan yang akan Dirasakan Pada Tubuh

- 14 Juli 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi sakit batu ginjal.
Ilustrasi sakit batu ginjal. /Pexels/ Andrea Piacquadio

PRFMNEWS - Berikut 8 gejala batu ginjal yang harus kamu ketahui sejak dini agar dapat mudah mengenali tanda-tandanya lebih awal.

Batu ginjal adalah kumpulan garam dan mineral keras yang sering terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.

Batu ginjal terbentuk ketika terlalu banyak mineral tertentu di dalam tubuh dan menumpuk di urin.

Jika kalian memiliki batu ginjal yang berukuran kecil, maka tidak akan memiliki gejala apapun saat batu melewati saluran kemih. Tetapi jika batu ginjal sudah mulai membesar, kalian akan merasakan beberapa gejalanya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Kimia, Nomor 7 Bisa Luruhkan Batu Ginjal

Berikut 8 gejala awal batu ginjal yang harus kalian ketahui seperti yang dijelaskan oleh Stephanie Watson dan David Rossiaky melalui laman Healthline.

1. Nyeri di Punggung, Perut, atau Samping

Nyeri batu ginjal adalah salah satu jenis nyeri yang paling parah. Biasanya rasa sakit akan muncul ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Ini menyebabkan penyumbatan dan tekanan menumpuk di ginjal.

Nyeri tersebut sering muncul secara tiba-tiba dan muncul di sepanjang sisi punggung dan dibawah tulang rusuk. Biasanya juga akan menyebar ke daerah perut dan selangkangan saat batu bergerak turun ke saluran kemih.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x