5 Tips untuk Menenangkan Bayi yang Menangis, Nomor 3 Seringkali Dilakukan

- 11 Maret 2022, 08:34 WIB
5 cara menenangkan bayi menangis.
5 cara menenangkan bayi menangis. /Pixabay/Ben_Kerckx



PRFMNEWS -
Menangis merupakan hal lazim yang sering dilakukan oleh bayi. Saat popoknya basah, lapar, haus, atau mengantuk, bayi pasti akan menangis sebagai cara dirinya berkomunikasi.

Namun, jika bayi menangis kencang yang sulit dikendalikan maka ini disebut kolik. Hal ini bisa terjadi saat bayi merasa pencernaannya tidak nyaman, alergi, hingga orang tua yang cemas pun dapat menjadi salah satu faktornya.

Berikut ini cara menenangkan bayi yang menangis, dikutip prfmnews.id dari laman WebMD:

Baca Juga: Bayi sulit tidur? Lakukan Beberapa Cara Ini Biar Tidur Cepat dan Nyaman

1. Membedong Mereka
Bagi Anda, membedong mungkin terasa seperti mengenakan jaket ketat. Tetapi bagi bayi yang menangis dan kolik, ini seperti kembali ke dalam rahim. Seberapa ketat Anda membungkus baby burrito ini? Cukup pas sehingga mereka tidak bisa menggoyangkan tangan dan kaki mereka dengan bebas. Pastikan untuk selalu meletakkannya di punggung mereka. Berhenti membedong jika mereka sudah bisa berguling sendiri.

2. Tenangkan Mereka
Bayi memiliki naluri mengisap yang kuat, sehingga dot dapat menenangkan bayi yang kolik. Sebuah studi menunjukkan binkies dapat membantu mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Baca Juga: Korban Penipuan Indra Kenz dan Doni Salmanan Diminta Bikin Paguyuban untuk Permudah Pengembalian Kerugian

3. Sst!
Buat suara ini tepat di telinga bayi Anda yang menangis, jangan malu-malu. Sst yang cukup keras membuat bayi Anda dapat mendengar Anda melalui kuping mereka sendiri.

4. Gerakan mengayun
Bayi dalam kandungan sudah terbiasa dengan banyak gerakan. Buat bayi Anda bergerak dan mereka mungkin langsung tidur. Tempatkan mereka dalam ayunan. Gantung mereka di kursi goyang. Baringkan mereka di kursi bayi yang bergetar. Hal tersebut setidaknya bisa membuat bayi Anda berhenti menangis.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengejutkan dari Penggunakan Kantong Teh Celup, Salah Satunya Rawat Cedera Ringan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: webmd.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x