Vaksin Pfizer dan Moderna Sebabkan Penyakit Jantung? Dokter Adam Prabata: Berisiko Miokarditis Tapi...

- 4 Januari 2022, 18:15 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna
Ilustrasi vaksin Moderna /HUMAS KOTA BANDUNG

PRFMNEWS – Dokter Adam Prabata coba menjawab pertanyaan netizen terkait bahaya dan efek samping pemberian vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna yang dituding bisa menyebabkan penyakit jantung.

“Saya takut mau divaksin Pfizer atau Moderna, banyak yang bilang bahaya, bisa bikin masalah di jantung sampai meninggal dunia. Memangnya benar begitu?,” tulis dokter Adam Prabata di unggahan Instagram @adamprabata, mengutip salah satu pertanyaan netizen kepadanya.

Dokter umum sekaligus praktisi edukasi kesehatan itu coba menjawab pertanyaan terkait bahaya dan efek samping disuntik vaksin Pfizer atau Moderna itu, juga lewat unggahan di Instagram-nya, pada Senin 3 Desember 2022.

Baca Juga: Pfizer dan WHO Kerjasama, Munculkan Varian Baru Covid-19 Omincron, Afrika Selatan jadi Korban Bisnis Vaksin?

Dokter Adam Prabata menjelaskan, berdasarkan penelitian Heymans & Cooper (2021), orang yang disuntik vaksin Pfizer atau Moderna punya risiko alami ‘Miokarditis’, yakni peradangan atau inflamasi di otot jantung.

Ia menjelaskan, ada hipotesis yang diduga menjadi alasan terjadinya Miokarditis pada penerima vaksin Moderna atau Pfizer, yakni respons imun terhadap mRNA dan terbentuk autoantibodi yang menyerang jantung.

Lebih lanjut Dokter Adam Prabata merinci, potensi risiko Miokarditis pada penerima vaksin Moderna atau Pfizer rendah, hanya 0,3 sampai 5 kasus per 100 ribu orang yang disuntikkan jenis vaksin tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Belum Putuskan Merek Vaksin yang Dipakai untuk Booster

Dari jumlah tadi, potensi untuk pulih sempurna dari Miokarditis pasca disuntik vaksin Moderna tinggi, yakni lebih dari 90 persen.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x