Kenali Beragam Tes Diagnosis Gagal Jantung dan Tingkat Keparahannya

- 4 November 2021, 07:50 WIB
Ilustrasi. Berikut ini adalah penyebab gagal jantung, penyakit yang juga dialami oleh aktris Hanna Kirana hingga mereggut nyawanya.
Ilustrasi. Berikut ini adalah penyebab gagal jantung, penyakit yang juga dialami oleh aktris Hanna Kirana hingga mereggut nyawanya. /Unsplash/Ali Hajiluyi

PRFMNEWS – Artis muda Hanna Kirana meninggal dunia pada Selasa kemarin karena gagal jantung. Lantas apa itu gagal jantung?

Melansir dari situs National Health Service UK, gagal jantung berarti jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Kondisi ini dapat terjadi pada semua usia dan jenis kelamin, tetapi paling sering terjadi pada orang tua.

Gejala gagal jantung yang paling umum dapat menyebabkan sesak napas saat beraktivitas atau istirahat, kelelahan berlebih, dan pembengkakan pada area kaki.

Baca Juga: Kabar Duka: Artis Hanna Kirana Meninggal Dunia

Semakin berat gejala yang dirasakan dalam kondisi aktivitas normal bisa mempengaruhi seberapa parah gagal jantung yang Anda derita.

Ada beragam jenis tes yang bisa Anda lakukan untuk mendiagnosis gagal jantung.

Jika Anda memiliki gejala gagal jantung, biasanya dokter umum akan menawarkan beberapa pemeriksaan dan tes darah untuk melihat seberapa baik jantung Anda bekerja.

Jika tes darah menunjukkan bahwa Anda mungkin mengalami gagal jantung, dokter umum akan merujuk ke tim spesialis jantung dan Anda mungkin akan ditawarkan tes lebih lanjut.

Baca Juga: Viral Video Emak-emak Coba Terobos Iring-iringan Ma'ruf Amin di Samarinda, Ini yang Terjadi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: National Health Service UK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x