Cara Mengatasi Kelelahan Saat Masa Kehamilan

- 1 Desember 2020, 19:08 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /Pixabay/Pexels/

PRFMNEWS – Apakah Anda sering mengalami kelelahan saat masa-masa awal kehamilan? Jika iya, hal itu wajar terjadi karena disebabgkan beberapa faktor.

Dikutip dari Times of India, kelelahan yang dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh faktor adanya perubahan hormon dan tubuh yang memberikan ruang kepada bayi yang sedang mengalami pertumbuhan.

Bukan suatu hal mudah dalam mengatasi rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil, berikut ini yang dapat dilakukan untuk membantu dalam mengatasi kelelahan pada ibu hamil.

Baca Juga: Sholat dan Membaca Asmaul Husna Sebagai Penangkal Stres Kala Pandemi

  1. Perbanyak Tidur

Tidur merupakan cara yang tepat dalam mengatasi rasa lelah apalagi rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil. Tidur akan dapat memulihkan energi menjadi segar kembali. Luangkanlah pada siang hari untuk dapat tidur dengan nyenyak demi menjaga kesehatan kehamilan.

  1. Merawat Diri

Merawat diri dapat memberikan efek baik pada masa kehamilan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat diri pada masa kehamilan. Prioritaskan merawat diri pada kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat pada kesehatan mental seperti membaca buku, melakukan yoga, mendengarkan musik, melakukan pemijatan dan sebagianya.

  1. Jangan Segan untuk Meminta Bantuan

Bagi ibu hamil yang mengurus segala pekerjaan rumah tangga sendiri bahkan memiliki sebuah pekerjaan , rasa lelah yang dialami mungkin akan lebih banyak. Sehingga jika sedang berada di tempat kerja, cobalah untuk minta bantuan kepada yang lainnya. Jangan memaksakan diri jika rasa lelah susah datang. Lakukan pekerjaan secukupnya saja agar tidak mengganggu kesehatan kandungan.

Baca Juga: Resmi Dipangkas! Ini Jadwal Libur dan Cuti Bersama Akhir Tahun

  1. Konsumsi Gizi yang Seimbang

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk kesehatan dari sang janin. Pada trimester ketiga, ibu hamil akan merasakan rasa lelah yang  begitu parah akibat dari tekanan darah juga kadar gula darah yang menurun. Gizi yang baik dan seimbang akan dapat mengatasi rasa lelah itu. Konsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi dan sumber energi sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Times of India


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x