Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil: Kami Harap Jabar Idealnya Punya Lebih dari 40 Kabupaten/Kota

- 14 Oktober 2020, 19:28 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar terkait perkembangan pandemi corona, di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin 12 Oktober 2020: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan memperbolehkan anak-anak sekolah jika wilayahnya sudah memasuki zona hijau.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar terkait perkembangan pandemi corona, di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin 12 Oktober 2020: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan memperbolehkan anak-anak sekolah jika wilayahnya sudah memasuki zona hijau. /Dok Humas Jabar.

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut populasi menjadi salah satu sumber dinamika pembangunan sebuah provinsi khususnya di Jabar. Ia menyebut dengan penduduk yang hampir menyentuh 50 juta jiwa menjadi salah satu tantangannya dalam mengembangkan Jabar.

Ia menambahkan, secara ekonomi dalam pemerintahan terdapat ketidakadilan fiskal terhadap Jabar dari pemerintah pusat. Hal ini berpengaruh terhadap pelayanan publik dan penggerakan ekonomi.

"Penduduk kami banyak (hampir 50 juta jiwa) tapi daerah yang mengelolanya sedikit, hanya 27 daerah. Berbeda dengan (misalnya) Jawa Timur dengan jumlah penduduk 40 juta jiwa dikelola oleh 38 daerah. Sementara (selama ini) anggaran berbanding lurus dengan jumlah daerah, bukan jumlah penduduk," kata pria yang akrab disapa Emil dalam siaran pers Rabu 14 Oktober 2020.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Maka, menurut Emil, pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah di Jabar.

"Jadi ada hal-hal yang sedang kami perjuangkan dari sisi pelayanan publik dan ekonomi secara politik yaitu pemekaran wilayah. Jadi kami berharap Jabar idealnya memiliki lebih dari 40 daerah (kabupaten/kota)," kata Emil.

Emil yang menjadi narasumber web seminar (webinar) Universitas Paramadina "The Implementation of Regional Economy in West Java" memaparkan keunggulan Jabar sebagai rumah bagi para investor sektor manufaktur.

Baca Juga: Bupati Garut Dukung Pembentukan DOB Kabupaten Garut Utara

Ia menjelaskan, alasan Jabar diminati investor antara lain karena infrastruktur Jabar dibanding daerah lainnya dianggap terbaik sebagai pendukung investasi serta SDM yang sangat produktif.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x