Jadwal Rekayasa Lalin di Jalur Wisata Puncak Bogor pada Libur Lebaran 2024 Guna Urai Kemacetan

- 3 April 2024, 14:00 WIB
Sejumlah kendaraan memadati jalur wisata Puncak di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022). Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situasional untuk mengurai kepadatan di jalur wisata Puncak.
Sejumlah kendaraan memadati jalur wisata Puncak di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022). Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situasional untuk mengurai kepadatan di jalur wisata Puncak. /Arif Firmansyah/Antara Foto

PRFMNEWS – Polisi akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), selama libur panjang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Sistem ganjil genap (gage) dan one way (satu arah) merupakan bentuk rekayasa lalin yang disiapkan polisi guna mengurai kemacetan di kawasan jalur wisata puncak Bogor pada musim libur Lebaran 2024.

Jadwal penerapan rekayasa lalin skema ganjil genap dan one way di jalur wisata puncak, kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, akan berlaku mulai tanggal 6 sampai dengan 15 April 2024.

Baca Juga: Jalur Bus BTS Rute ke Kawasan Wisata Puncak Akan Terintegrasi BisKita Kota Bogor

Meski begitu, Rio memastikan, Polres Bogor tidak akan menerapkan ganjil genap dan one way saat hari H Lebaran. Keputusan tersebut diambil karena saat libur Idul Fitri tahun lalu, kepadatan lalin di jalur wisata puncak Bogor terjadi pada H+1 hingga H+3 Lebaran.

Selain itu, tambah Rio, pada hari H Lebaran, jalur puncak Bogor cenderung hanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah maupun bersilaturahmi, sehingga tidak akan banyak digunakan oleh wisatawan maupun pemudik.

Rio menjelaskan skema ganjil genap dan one way diterapkan untuk mengatur jumlah kendaraan yang melintas ruas penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur tersebut, yang pada kondisi normal bisa menampung 28-32 ribu kendaraan dalam sehari.

Baca Juga: Dishub Kota Bogor Siapkan Rute 5 Angkot Listrik Sebagai Feeder BisKita di 2024

"Jangan sampai seperti (Lebaran) tahun lalu, jumlah pemotor saja sampai 82 ribu sehingga terjadi stuck di atas. Orang tidak bisa menikmati rekreasi yang ada di puncak," ungkap dia, Selasa 2 April 2024.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x