Bank Indonesia Dorong Pemda di Jawa Barat Digitalisasi Transaksi dengan KKI, Apa Itu?

- 20 November 2023, 20:30 WIB
 Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (kiri)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (kiri) /PRFM



PRFMNEWS - Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat mendorong seluruh pemerintah daerah di Jawa Barat untuk mengoptimalkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) melalui Kartu Kredit Indonesia (KKI).

Hal ini karena dengan digitalisasi maka akan menjadi bagian dari upaya meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas transparansi pengelolaan anggaran.

"Saat ini dua daerah yang sudah memanfaatkan KKI yaitu Pemprov Jabar dan Pemerintah Kota Bogor. Kita dorong kabupaten kota lainnya untuk termotivasi menggunakan KKI Pemda yang diterbitkan bjb untuk belanja daerah sekaligus efisiensi pengelolaan anggaran," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea, Jumat 17 November 2023.

Baca Juga: Meski Ada Perlambatan, Bank Indonesia Meyakini Ekonomi Jabar Tumbuh Positif Hingga Akhir Tahun 2023

Lantas apa yang dimaksud dengan Kartu Kredit Indonesia?

KKI merupakan inovasi pembayaran non tunai yang diterbitkan untuk transaksi belanja pemerintah. KKI hadir mendukung efisiensi dan transparansi dalam realisasi serta pertanggungjawaban penggunaan anggaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

Selain itu, penggunaan KKI turut mendukung digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini dapat membantu jutaan UMKM di daerah untuk naik kelas seiring dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Melalui implementasi KKI ini, ETPD khususnya di Jawa Barat diyakini semakin kuat. Berdasarkan hasil evaluasi Survei Indeks ETPD Semester I 2023, Jawa Barat berada pada kategori Digital dengan indeks ETPD sebesar 97,9%, tertinggi kedua secara nasional. Begitu pula dengan 27 Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat berada pada kategori digital.

Baca Juga: Gaji ASN di Karawang Dipotong Otomatis oleh Bank untuk Zakat

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x