Pemerintah Klaim Harga Tiket Pesawat di BIJB Lebih Murah Ketimbang Bandara Lain

- 30 Oktober 2023, 11:00 WIB
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat /Humas BIJB

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia mengklaim bahwa harga tiket pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati lebih murah ketimbang bandara-bandara lainnya.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumandi mengungkapkan, harga tiket pesawat di BIJB Kertajati cukup terjangkau dikarenakan adanya pengaruh diskon landing fee untuk maskapai yang melayani penerbangan di bandara tersebut. Salah satu contohnya seperti rute dari Bandara Kertajati menuju Denpasar, Bali.

"Tarif ke Bali itu cuman Rp600.000-Rp700.000, itu bukan lagi insentif. Orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta. Diskon 50 persen," ujarnya usai meninjau aktivitas penerbangan komersial di BIJB Kertajati, Minggu 29 Oktober 2023.

Baca Juga: 391 Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Kebakaran Gunung Merbabu

Budi menyebutkan potongan harga itu berlaku untuk semua rute penerbangan domestik di BIJB Kertajati yang mulai beroperasi penuh saat ini.

Selain diskon, Budi menyebut pemerintah juga meminta kepada maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air dan AirAsia untuk memberikan tiket khusus bagi penumpang sehingga tingkat okupansi pesawat di BIJB Kertajati semakin ramai.

"Ada satu konsep crowd-create-crowd, jadi keramaian itu menarik jumlah," ujarnya

Baca Juga: 1,2 Ton BBM Jenis Pertalite dan Solar Diselundupkan di Musi Rawas

Budi melanjutkan, terdapat sejumlah permintaan dari luar negeri untuk membuka destinasi penerbangan di Bandara Kertajati.

Kabar itu, telah menunjukkan bahwa prospek ekonomi dari BIJB Kertajati semakin cerah ke depannya.

"Banyak sekali permintaan luar negeri untuk datang ke sini. Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia dan India mereka sangat tertarik untuk menjadikan destinasi melalui Jawa Barat," pungkas Budi.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x