Soal Pemilu 2024, Pengamat: Ridwan Kamil Punya Kedekatan Khusus dengan Jokowi

- 16 Juli 2023, 11:10 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Kreatif Jabar, Bandung, Selasa 11 Juli 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Kreatif Jabar, Bandung, Selasa 11 Juli 2023. /Humas Jabar

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dinilai punya kedekatan khusus dengan Presiden Joko Widodo terkait Pemilu 2024.

Pengamat Komunikasi Politik Unpad, Dadang Rahmat Hidayat menyebut, hal ini tidak terlepas dari frekuensi pertemuan yang cukup intens.

"Saya kira kalau beda persamaan harus ada pembandingnya, kalau dengan calon-calon wakil presiden lain, bisa jadi Jokowi sangat intens dengan misalnya pak Ridwan Kamil sebagai gubernur, Erick Thohir sebagai menteri, atau Sandiaga Uno sebagai menteri, jadi yang sering atau menjabat menteri dan gubernur ini frekuensinya jadi sangat intens," ucap Dadang saat on air di Radio PRFM, Jumat 14 Juli 2023.

Baca Juga: Jumlah DPT Nasional untuk Pemilu 2024 Mencapai Lebih dari 204 Juta Pemilih

Dadang juga menilai, sosok Ridwan Kamil dapat dikatakan sebagai personal yang berpotensi dipasangkan dengan siapa saja.

Menurutnya, faktor tersebut juga tidak menutup kemungkinan adanya peluang khusus bagi mantan Wali Kota Bandung tersebut dalam pertarungan politik.

"Peluang khusus itu memang ada, khususnya untuk pak Ridwan Kamil. Dari beberapa survei kan cukup kuat lah sebagai calon yang bisa dipasangkan dengan siapapun, dengan pak Ganjar, atau Prabowo misalnya," katanya.

Baca Juga: Bawaslu Gelar Kompetisi Debat Bertema Pemilu Tahun 2024, Segera Daftar dengan Cara Berikut

Kendati demikian, faktor partai politik juga sangat menentukan bagaimana langkah ke depannya. Sebab, RK sekarang sudah berbaju kuning, sehingga pertimbangan dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto juga menentukan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah