Dicek Jokowi, Ternyata ini Kombinasi Bahan dan Makna Patung Garuda Istana IKN Karya Nyoman Nuarta

- 12 Juli 2023, 20:20 WIB
Hasil pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan pematung Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Hasil pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan pematung Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Instagram.com/@jokowi

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berkunjung ke Nyoman Nuarta Gallery di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat dalam rangkaian agenda kunjungan kerjanya di Jawa Barat, Rabu 12 Juli 2023.

Makna filosofis desain Patung Garuda untuk Istana Kepresidenan IKN Nusantara karya seniman asal Tabanan, Bali, I Nyoman Nuarta yang dicek pengerjaannya langsung oleh Presiden Jokowi ini mungkin jadi pertanyaan sejumlah masyarakat.

Uniknya lagi, kombinasi bahan yang digunakan Nyoman Nuarta untuk membuat Patung Garuda raksasa yang akan melengkapi desain bangunan Istana Kepresidenan IKN Nusantara ini juga begitu kompleks.

Baca Juga: Patung Garuda Istana Kepresidenan IKN Ternyata Dibuat di Bandung

Penjelasan makna filosofis dan kombinasi bahan yang digunakan untuk membuat karya seni Patung Garuda raksasa ini dijelaskan langsung oleh Nyoman Nuarta.

Mengutip laman resmi Kemenparekraf, Nyoman Nuarta menjelaskan desain Istana Kepresidenan di IKN Nusantara dipilih langsung oleh Presiden Jokowi melalui sebuah sayembara yang melibatkan dirinya.

Bentuk desain Burung Garuda yang sedang mengepakkan sayap karyanya inilah yang disetujui oleh Presiden Jokowi pada Januari 2022.

Baca Juga: JKT48 Summer Tour 2023 Digelar di Kota Batu Kamis 13 Juli, Ini Lokasi Konser dan Daftar Member yang Hadir

Desain dengan nama Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan IKN Nusantara yang akan dibangun di lahan seluas 55,7 hektar dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x