Resmikan Jalan Tol Cisumdawu, Jokowi Sebut Masa Depan Bandara Kertajati

- 12 Juli 2023, 14:00 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu di depan Twin Tunnel, Sumedang, Selasa 11 Juli 2023.
Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu di depan Twin Tunnel, Sumedang, Selasa 11 Juli 2023. /Biro pers setpres /


PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) pada hari Selasa, 12 Juli 2023. Tepatnya di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer itu menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun.

Jokowi berharap dengan adanya Tol Cisumdawu akan mempermudah dan memperlancar konektivitas menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati.

Baca Juga: Meski Tol Cisumdawu Sudah Dibuka, Masih Ada 1 Gerbang Tol yang Belum Difungsikan

"Alhamdulillah Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali,” ucap Presiden dikutip prfmnews.id dari laman resmi Setkab.

Kepala negara itu pun menjelaskan, bahwa Jalan Tol Cisumdawu awalnya dikerjakan bersamaan dengan pembangunan Bandara Kertajati.

Namun, karena adanya sejumlah masalah pembebasan lahan, pembangunan Bandara Kertajati rampung lebih dahulu dibanding Jalan Tol Cisumdawu.

Baca Juga: Jadwal Perpindahan Penerbangan Pesawat Jet dan Pesawat Baling-baling dari Husein Sastranegara ke Kertajati

“Karena urusan pembebasan lahan, airport Kertajatinya selesai, tolnya belum selesai sehingga ini mengganggu operasional dari airport Kertajati,” ungkapnya.

Bandara Kertajati diketahui telah melayani sejumlah aktivitas penerbangan dan mulai diminati beberapa investor dari luar negeri.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x