Jokowi Sebut Hanya Tol Cisumdawu yang Punya Terowongan Kembar di Indonesia

- 11 Juli 2023, 22:15 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cisumdawu di Jabar.
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cisumdawu di Jabar. /Foto: Humas Setkab/Rahmat

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan twin tunnel (terowongan kembar) yang dimiliki Tol Cisumdawu menjadi ciri khas jalan bebas hambatan penghubung Cileunyi-Sumedang-Dawuan ini.

Presiden Jokowi menyatakan terowongan kembar Tol Cisumdawu sejauh ini menjadi satu-satunya twin tunnel yang ada di jalan tol di Indonesia.

"Ini di seluruh Indonesia tidak ada, jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pada pagi hari ini," ucap Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan Tol Cisumdawu di Twin Tunnel, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023.

Baca Juga: Bocoran Jokowi Soal Kendala Pembangunan Tol Cisumdawu yang Molor 12 Tahun

Jokowi menyebut terowongan kembar Tol Cisumdawu memiliki panjang 472 meter. Adapun total anggaran yang dikeluarkan untuk membangun jalan tol sepanjang 61,6 km ini sebesar Rp18,3 triliun.

"Alhamdulillah, pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali," tutur Kepala Negara.

“Pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan, Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat," ucap Jokowi saat meresmikan jalan bebas hambatan yang memiliki enam seksi itu.

Baca Juga: Jokowi Optimis Tol Cisumdawu Dukung Peningkatan Jumlah Penumpang di Bandara Kertajati

Presiden berharap keberadaan Tol Cisumdawu dapat mempercepat operasional Bandara Kertajati secara penuh.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah