Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

- 23 Juni 2023, 13:20 WIB
Ilustrasi - Hewan Kurban
Ilustrasi - Hewan Kurban /Budi Satria/PRFM

PRFMNEWS - Jelang idul adha, tim pemeriksa kesehatan hewan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) maupun dari pemerintah kabupaten/kota di Jabar sudah mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, tim juga turut memeriksa kelengkapan dokumen hewan kurban yang mulai di jual di banyak tempat tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP)Jabar Mohamad Arifin Soedjayana menyampaikan tips membeli hewan kurban yang dipastikan dalam kondisi sehat dan laik sembelih.

Baca Juga: Pemkot Bandung Perhatikan Kesehatan Hewan Kurban yang Akan Disembih Saat Idul Adha Nanti

Kata dia, datanglah ke tempat penjualan hewan kurban yang sudah diberi izin oleh pemda kota/kabupaten, karena izin perdagangannya ada di sana.

Nantinya, hewan kurban yang dinyatakan sehat akan memiliki penanda yang menyatakan hewan kurban itu sudah melalui tahap pemeriksaan dan dalam kondisi sehat.

"Kalau sapi ada ear tag (label di kuping), kalau domba memang tidak di-ear tag, tapi dikalungkan tanda sehat," ucap Arifin.

Baca Juga: Hewan Kurban yang Sehat di Kota Bandung Dilengkapi dengan QR Code Berisi Data Kesehatan Hewan

Kalau ear tag atau tanda sehat tidak terdapat, dapat diminta surat keterangan sehat hewannya. Adapun soal stok masyarakat tak perlu khawatir, menurut Arifin aman.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x