Ridwan Kamil Sebut Wacana Kereta Gantung akan Dihidupkan Lagi Tahun 2023

- 24 Desember 2022, 14:09 WIB
Konsep kereta gantung (cable car) yang digagas Ridwan Kamil.
Konsep kereta gantung (cable car) yang digagas Ridwan Kamil. /Instagram @ridwankamil

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, wacana pembangunan kereta gantung atau cable car akan dihidupkan kembali mulai tahun 2023 mendatang.

Hal tersebut menjadi bagian dari konsep Masterplan Transportasi Massal Bandung Raya yang secara resmi akan diinsiasi oleh para kepala daerah di Cekungan Bandung mulai Januari 2023.

"Di daerah datar kita pakai BRT yang hari ini kita launching bus listriknya, antar regional insyallah ada LRT, antar bukit-bukit, mimpi dulu, yaitu cable car akan dimulai dan dihidupkan lagi," kata Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Konversi Angkot ke Bus di Bandung Raya Dimulai 2023

Menurutnya, kesapakatan anggaran dan komitmen operasional sistem transportasi massal Bandung Raya akan dirumuskan bersama para kepala daerah pada Januari nanti.

"Awal Januari depan, para kepala daerah Kota Bandung, Cimahi, Bupati Bandung, KBB, Sumedang akan berhimpun menyepakati anggaran komitmen operasional dan lain-lain," terangnya.

Hal ini akan berbarengan dengan hadirnya Badan Pengelola Cekungan Bandung yang disahkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) sehingga pada Januari dipastikan sudah ada Direktur Utamanya.

Baca Juga: HORE Pindah Koridor Bus TMP di Bandung Sekarang Gratis, Asalkan Belum 3 Jam

"Berbarengan dengan lahirnya dan kerjanya Badan Pengelola Cekungan Bandung yang Perpresnya sudah turun, bulan depan udah ada direktur utama atau CEO-nya," kata dia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x