Ridwan Kamil: Konversi Angkot ke Bus di Bandung Raya Dimulai 2023

- 24 Desember 2022, 13:50 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peluncuran Bus Listrik di Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peluncuran Bus Listrik di Bandung, Sabtu 24 Desember 2022. /TOMMY RIYADI/PRFM



PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, program konversi angkot ke bus di wilayah Bandung Raya akan dimulai pada 2023.

Program ini menjadi salah satu yang dijalankan dalam konsep masterplan transportasi massal cekungan Bandung yang diharapkan mampu mengatasi masalah kemacetan.

"Konversi angkot mulai 2023, jalur pertama, kita lakukan bertahap karena rilis satu rute bus saja banyak dinamika sosial, premanisme dan lainnya," kata Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.

Baca Juga: Bus Listrik Mengaspal di Bandung, ini Rute yang Dilaluinya

Ia juga meminta para sopir angkot jangan khawatir kehilangan mata pencaharian. Sebab, mereka tetap akan dilibatkan dalam konsorsium transportasi publik ini, termasuk menjadi sopir bus.

"Sopir angkot jangan khawatir, nanti semua ekosistem angkot dikonversi ke bus dan sopir angkot bagian dari konsorsium transportasi publik," terangnya.

"Waktu jadi sopir angkot pendapatannya X, nanti dengan sistem ini juga pendapatannya tetap X, hanya berubah dari nyetir angkot jadi nyetir bus dan lain-lain," sambungnya.

Baca Juga: Dishub Jabar Segera Lakukan Lelang, 11 Bus Listrik Bakal Segera Mengaspal di Kota Bandung

Mantan Wali Kota Bandung itu menegaskan bahwa permasalahan kemacetan di Bandung berbeda dengan daerah ibu kota Jakarta, Semarang, atau Surabaya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x