Dalam Sepekan, Jabar Saber Hoaks Berantas Puluhan Hoax Terkait Gempa Cianjur

- 30 November 2022, 20:20 WIB
Ilustrasi hoax/pixabay
Ilustrasi hoax/pixabay /


PRFMNEWS - Tim Jabar Saber Hoaks (JSH) dalam sepekan terakhir menerima 59 aduan hoaks terkait Gempa Cianjur, dan 23 di antaranya telah diklarifikasi.

Informasi hoaks yang telah diklarifikasi itu pun sudah dipublikasikan melalui akun instagram @jabarsaberhoaks agar bisa dilihat oleh publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah menuturkan, dari segi jumlah, dalam sepekan muncul 23 hoaks itu terbilang banyak.

Baca Juga: Beredar di Tiktok, Video Air Laut Pangandaran Surut Usai Gempa Cianjur, Dipastikan HOAX

"Rata-rata dalam sebulan JSH menerima 40-an kasus hoaks yang diklarifikasi. Namun ketika gempa Cianjur, JSH menerima 23 kasus hoaks dalam sepekan sejak tanggal 21 November2022 sampai hari ini," kata Ika, Rabu 30 November 2022.

Dari puluhan hoaks yang dilaporkan, kasus didominasi terkait kejadian saat gempa Cianjur dan dampak dari bencana alam tersebut.

Salah satu contohnya adalah video detik-detik longsor gempa Cianjur, yang faktanya adalah video longsor di Palopo, Sulawesi Selatan pada 26 Juni 2020.

Baca Juga: Kata BMKG Soal Voice Note Sebut Akan Terjadi Pergeseran Lempeng di Waduk Cirata Purwakarta

Hoaks lainnya, laporan video pergerakan tanah setelah gempa di Cianjur yang menyeret rumah dan bangunan beredar di media sosial TikTok.

Video pergeseran tanah tersebut diklaim terjadi pasca gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Cianjur bermagnitudo 5,6 pada 21 November 2022.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x