Kata BMKG Soal Voice Note Sebut Akan Terjadi Pergeseran Lempeng di Waduk Cirata Purwakarta

- 23 November 2022, 14:20 WIB
Ilustrasi Whatsapp. Begini keterangan BMKG soal heboh voice note Waduk Cirata
Ilustrasi Whatsapp. Begini keterangan BMKG soal heboh voice note Waduk Cirata /PEXELS/Anton

 

PRFMNEWS – Baru-baru ini beredar voice note atau pesan suara yang mengatasnamakan info dari BMKG bahwa akan terjadi pergeseran lempeng di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) yang memicu gempa besar.

Rekaman voice note (VN) berisi informasi akan terjadi gempa besar akibat pergeseran lempeng di Waduk Cirata ini beredar di tengah kabar duka akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur.

BMKG telah memberikan konfirmasi terkait isi pesan suara yang menyatakan akan terjadi gempa besar akibat pergeseran lempeng di Waduk Cirata.

Baca Juga: Heboh Pergerakan Sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede, BMKG Tegaskan Itu Hoax!

BMKG menegaskan, voice note yang dikirim secara berantai ke grup-grup WhatsApp (WA) tersebut adalah berita bohong atau hoax.

BMKG menyatakan dengan tegas bahwa informasi ini tidak benar alias hoax. Jika #SobatBMKG menerima voice note tersebut, diharapkan untuk tidak ikut menyebarkan kembali,” tulis keterangan di akun Instagram resmi BMKG, Rabu 23 November 2022.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Cianjur Periode 20 Tahunan, Waspada Terulang 20 Tahun Lagi

BMKG mengimbau agar masyarakat tidak membuat dan menyebarluaskan berita-berita bohong yang justru akan menyebabkan kepanikan.

BMKG meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan beredarnya info-info seputar kebencanaan dari sumber yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

Baca Juga: BMKG: Waspada! Hujan di Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Berpotensi Picu Longsor dan Banjir Bandang

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” lanjut keterangan akun Instagram BMKG.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x