Ridwan Kamil Lepas Kopi Asal Cikajang Garut ke Belanda

- 3 Maret 2022, 07:59 WIB
Ridwan Kamil Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda, Nilainya Capai Rp4 Miliar: Kita Taklukkan Dunia Lewat Kopi!
Ridwan Kamil Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda, Nilainya Capai Rp4 Miliar: Kita Taklukkan Dunia Lewat Kopi! /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor kopi ke Belanda dengan total nilai Rp4 miliar yang berasal dari Desa Mekarsari, Cikajang, Kabupaten Garut.

"Jadi kita harus menaklukkan dunia dengan kopi-kopi kita, baik ekspor mentah, maupun lahir kafe-kafe seperti Starbucks milik Jabar di seluruh dunia. Ini sedang persiapan di Belanda dan Swiss. Jadi suatu hari saya yakin," ucap Ridwan Kamil dikutip prfmnews.id dari laman Jabarprov.go.id hari ini Kamis, 3 Maret 2022.

Kopi yang diekspor ke Belanda merupakan hasil binaan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan PT Astra International Tbk.

Baca Juga: Punya Masalah Perut Buncit? Berikut Cara Mengatasinya Menurut dr. Zaidul Akbar

Berdasarkan data Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) Kementerian Perdagangan Tahun 2020 dan 2021, total nilai ekspor kopi Jawa Barat mencapai 16 juta dolar AS atau sekitar Rp200 miliar. (mengacu kurs Rp14.300 per Dolar AS ).

Jawa Barat juga memiliki coffee shop di Melbourne Australia yang diberi nama Jabarano Coffee. Bahkan Jabarano Coffee kini disiapkan untuk dibuka di berbagai negara lainnya.

Baca Juga: Kota Bandung Klaim Sudah Penuhi Salah Satu Syarat Beralih Status ke Endemi

Baca Juga: PSSI Diberi Kabar Ada Pemain Panathinaikos Keturunan Indonesia Ingin jadi WNI

Ridwan Kamil optimis bahwa kopi yang berasal dari Jawa Barat bisa berkembang pesat dan diterima di mancanegara.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x