Dinas Pendidikan Jawa Barat Tetap Siap Gelar UNBK Di Tengah Pandemi Virus Corona

- 14 Maret 2020, 08:00 WIB
ILUSTRASI Ujian Nasional. Para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia, saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 2 Bandung, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin 23 April 2018.*
ILUSTRASI Ujian Nasional. Para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia, saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 2 Bandung, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin 23 April 2018.* /ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PRFM) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK dan SMA tahun ajaran 2019/2020. Sesuai kalender pendidikan, UNBK SMK akan digelar 16-19 Maret 2020, SMA/MA/SMLB 30 Maret - 2 April 2020, dan SMP/Mts/SMPLB 20-23 April 2020.

Ini adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang terakhir sebelum nanti berganti format menjadi Assesment Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021 seperti kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud).

Menurut Kepala Disdik Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, sesuai Permendikbud No 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Disdik telah melakukan persiapan teknis maupun non teknis.

“Simulasi dan Gladi Bersih UNBK sudah dilakukan,” ujar Dewi Sartika yang akrab disapa Ike, seperti dilansir dari laman resmi Humas Jabar.

Baca juga: Guru Besar Unpad Rekomendasikan Tumbuhan Kina Sebagai Obat COVID-19

Selain pesiapan teknis, Disdik juga mengantisipasi hal-hal non teknis di sekolah mulai dari keamanan, kesediaan peralatan untuk UNBK, perilaku dan kesehatan siswa, hingga sisi psikologis peserta ujian. Tingkat stres siswa pun jadi perhatian Disdik dengan membuat imbauan kepada stakeholders pendidikan mulai dari sekolah sampai orang tua agar menjaga siswa tetap tenang.

“Aspek psikologis pelajar perlu dijaga agar tidak menimbulkan tekanan berlebihan,” kata Ike.

Menurut Ike, UNBK tahun ajaran 2019/2020 susananya akan sangat berbeda. Selain UNBK tahun ini menjadi yang terakhir kali, ujian pun dilaksanakan di tengah marak isu COVID -19 yang menjadi sorotan banyak orang.

Baca juga: Terkait Putusan Keberlangsungan Kompetisi Olahraga karena Virus Corona, Kemenpora Serahkan ke Penyelenggara Masing-Masing

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Jawa Barat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x