Gubernur Jabar: Dua Warga Terinfeksi Virus Corona di Jakarta, Belum Ada Bukti Covid-19 Masuk ke Depok

- 2 Maret 2020, 21:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /dok.PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Meski dua warga Depok divonis positif mengidap virus corona, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan belum ada bukti virus corona sudah menyebar di Depok. Hal tersebut lantaran kedua warga tersebut terinfeksi ketika berada di Jakarta.

"Setelah tadi bertemu dengan Pak Menteri Kesehatan, fakta per hari ini yang bisa disampaikan dua WNI ber-KTP Depok itu terinfeksinya di Jakarta, bukan di Depok. Jadi per hari ini tidak ada bukti virus corona di Depok karena sedang diteliti oleh tim terkait," ujarnya di Balai Kota Depok, Jl Margonda, Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).

Pria yang akrab disapa Emil tersebut menyebut belum ada bukti penyebaran telah terjadi di sekitar rumah kedua warga yang positif virus corona. Saat ini, rumah keduanya telah diisolasi oleh petugas khusus.

"Rumah dua warga sudah diisiolasi dalam hitungan hari setelah di-treatment oleh tim," tutur Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil: Warga Jangan Panik Beli Masker dan Sembako

Selain mengisolasi rumah keduanya, tim khusus juga telah disiapkan untuk terus mengawasi kondisi kesehatan warga di sekitar rumah tersebut. Emil menuturkan, penyebaran virus hanya bisa dilakukan melalui makhluk hidup.

"Belum ada bukti peredaran terjadi di rumahnya. Tetangganya sudah dimonitor. Menurut Pak Menteri Kesehatan, virus itu tidak berpindah di benda mati dan hanya bisa berpindah antar makhluk hidup," jelasnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Segera melapor ke unit pelayanan kesehatan terdekat jika melihat atau merasakan gejala-gejala virus corona.

Baca juga: Depok dan Jawa Barat Bentuk Covid-19 Crisis Center

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x