Stabilkan Harga Bawang Putih, Pemprov Jabar Gelar Operasi Pasar

- 18 Februari 2020, 13:31 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau operasi pasar di Pasar Astanaanyar, Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau operasi pasar di Pasar Astanaanyar, Kota Bandung, Selasa (18/2/2020). /HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG,(PRFM) - Dinas perindustrian dan perdagangan Jawa Barat melakukan operasi pasar sejak Senin (18/2/2020). Operasi pasar ini dilakukan untuk menstabilkan harga bawang putih yang akhir-akhir ini melonjak tidak wajar.

Pada hari ini, Selasa (18/2/2020), Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) meninjau langsung pelaksanaan operasi pasar di Pasar Astanaanyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Emil mengatakan, operasi pasar ini merupakan salah satu bukti kesigapan pemerintah usai laporan masyarakat yang mengeluhkan harga bawang putih naik dua kali lipat dari harga normal.

"Karena itu, kami dengan sigap segera melakukan operasi pasar dengan menjual bawang putih dengan harga Rp 28 ribu per kilogram ke pasar-pasar di seluruh Jabar. Salah satu (operasi pasar) yang kita saksikan di Pasar Astanaanyar ini," ucap Emil.

Melalui operasi pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar dan Tim Satgas Pangan Jabar memastikan bawang putih dijual dengan harga terjangkau dan terjaga kualitasnya.

Kang Emil pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir kehabisan bawang putih karena stok yang dijual di setiap operasi pasar melimpah hingga 8 ton.

Baca Juga: Disperindag Jabar Lakukan Operasi Pasar, Harga Bawang Putih Diharapkan Kembali Normal

"Operasi pasar ini kita siapkan 8 ton bawang putih per pasar. Stok masih berlimpah, jangan khawatir, belanjalah bawang putih di operasi pasarnya Disperindag Jabar dan Satgas Pangan untuk memastikan harga terjangkau di angka Rp 28 ribu," imbau Emil.

"Respons masyarakat juga baik. Semoga dengan begini bisa menurunkan harga sehingga stabilitas Sembako di Jabar terkendali seperti yang kemarin kita lakukan untuk cabai," tambahnya.

Selain meninjau operasi pasar bawang putih di Pasar Astanaanyar, Emil juga memantau harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) lainnya. Dari pantauan tersebut, kepokmas seperti beras, daging ayam dan sapi, hingga cabai rata-rata dijual dengan harga normal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Jawa Barat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x