Akreditasi Perpustakaan Diperlukan untuk Tingkatkan Indeks Baca

- 21 Desember 2020, 20:44 WIB
Ilustrasi perpustakaan.
Ilustrasi perpustakaan. /Unsplash/Becca Tapert

PRFMNEWS - Indeks membaca masyarakat yang masih rendah salah satunya dipengaruhi oleh keterbatasan akses.

Tidak hanya di daerah terpencil yang terbatas sarana dan prasarana untuk membaca, kesulitan akses inipun dirasakan di perkotaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, perpustakaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kegemaran membaca.

Tidak hanya jumlahnya yang harus ditambah agar lebih mudah dijangkau masyarakat, kualitasnya pun harus ditingkatkan agar peranannya semakin vital.

Baca Juga: CEK FAKTA : Jalan Gagak Kota Bandung Zona Hitam Covid-19?

"Hal ini harus jadi perhatian. Sebagaimana peran perpustakaan dalam menaikan indeks membaca," kata Hadadi dalam webinar sosialisasi akreditasi lembaga perpustakaan, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Senin 21 Desember 2020.

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber lainnya seperti perwakilan dari Direktorat Perpustakaan Nasional, Supriyanto.

Hadadi menjelaskan, terdapat sejumlah kriteria yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas perpustakaan, yakni sarana dan prasarana seperti koleksi dan perawatan buku, pengorganisasian perpustakaan, dukungan sumber daya manusia yang berkualitas terutama yang memiliki latar belakang pendidikan terkait perpustakaan, peningkatan layanan agar bisa diakses secara digital, serta aksesibilitas dari perpustakaan itu sendiri.

"Ini concern kami. Termasuk anggaran, bisa dari pemerintah atau bisa dari yang lain," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x