Diduga Bocorkan Rahasia untuk China, Bekas Mata-mata CIA Ditangkap

- 18 Agustus 2020, 14:47 WIB
Ilustrasi agen rahasia.
Ilustrasi agen rahasia. /Dok PRFM.

 

PRFMNEWS - Bekas mata-mata Dinas Rahasia Pusat Amerika Serikat (CIA) ditangkap karena diduga membocorkan informasi rahasia untuk China.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyatakan, bekas mata-mata CIA bernama Alexander Yuk Ching Ma (67) itu didakwa telah melakukan spionase untuk China dalam sebuah tindakan persekongkolan.

Ma akhirnya ditangkap pada Jumat lalu dengan tuduhan bahwa dia berkonspirasi dengan seorang kerabat keluarga, yang juga bekas petugas CIA, untuk memberikan informasi rahasia ke pejabat intelijen China.

Baca Juga: Belanja di Pasar Tanpa Gunakan Masker Terancam Disanksi Penahanan KTP

Seperti dilansir PRFMNews.id dari ANTARA, sebagai warga naturalisasi Amerika Serikat, Ma mulai bekerja untuk CIA pada 1982 dengan kewenangan mengakses informasi rahasia.

Para jaksa dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengatakan bawha Ma keluar dari CIA pada 1989 dan tinggal serta bekerja di Shanghai, China, sebelum tiba di Hawaii pada 2001.

Para jaksa mengatakan kerabat yang tak disebut namanya itu, yang bersekongkol dengan Ma, juga bekerja sebagai mata-mata CIA tapi mengundurkan diri pada 1983 setelah dugaan bahwa mereka memanfaatkan posisi resmi mereka untuk membantu warga negara China memasuki AS.

Para jaksa mengatakan sekitar 1998, kerabat Ma dihukum karena membuat pernyataan palsu kepada sebuah lembaga peminjaman, namun mengatakan kerabat itu, sekarang 85 tahun, tidak didakwa dalam kasus sekarang karena mengidap penyakit ingatan stadium lanjut.

Para jaksa mengatakan aktivitas mata-mata Ma mulai pada Maret 2001, yang selama itu kedua bekas pegawai CIA itu, memberikan kepada China informasi mengenai personalia, operasi dan metode merahasiakan komunikasi.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Warga Bisa Kembali Daftar Penukaran Uang Baru Rp75.000 Mulai 3 September 2020

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x