Raja Salman Tunjuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman Jadi Perdana Menteri Arab Saudi

- 28 September 2022, 13:00 WIB
Pangeran Mohammed bin Salman.
Pangeran Mohammed bin Salman. /Reuters/HANDOUT


PRFMNEWS - Putra Mahkota Mohammed bin Salman diunjuk ayahnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz sebagai perdana menteri kerajaan dan putra keduanya Pangeran Khalid sebagai menteri pertahanan.

Keputusan pergantian posisi di pemerintahan ini diterbitkan oleh Saudi Press Agency pada Selasa malam waktu setempat.

Pengangkatan tersebut membuat putra lainnya, Pangeran Abdulaziz bin Salman, sebagai menteri energi, kata raja tua itu dalam dekrit kerajaan.

Baca Juga: Putra Mahkota Arab Saudi Dapat Kecaman Ketika Akan Melayat Ratu Elizabeth II

Putra mahkota, yang dikenal sebagai MbS (Mohammed bin Salman), yang telah menjadi penguasa de facto kerajaan selama beberapa tahun. Ia sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah Raja Salman.

MbS juga menjabat sebagai menteri pertahanan. Posisi itu kini diisi oleh adiknya, Khalid bin Salman, yang sebelumnya adalah wakil menteri pertahanan.

MbS dipromosikan dari menteri pertahanan dan telah menjadi penguasa de facto Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar dunia dan sekutu utama AS di Timur Tengah.

Baca Juga: Suhu Panas di Arab Saudi Bisa Timbulkan Masalah Pada Kulit, Dokter Kulit Sarankan Jamaah Haji Lakukan Ini

Peran barunya sebagai perdana menteri sejalan dengan delegasi tugas raja sebelumnya kepadanya, termasuk mewakili kerajaan dalam kunjungan ke luar negeri dan memimpin pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh kerajaan, kata seorang pejabat Saudi.

"HRH putra mahkota, berdasarkan perintah raja, sudah mengawasi badan eksekutif utama negara setiap hari, dan peran barunya sebagai perdana menteri ada dalam konteks itu," kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x