Arab Saudi Membuka Wilayah Udara untuk Semua Maskapai Penerbangan, Termasuk Israel

- 15 Juli 2022, 21:15 WIB
Ilustrasi penerbangan.
Ilustrasi penerbangan. /Unsplash/Iwan Shimko

PRFMNEWS - Arab Saudi mengatakan akan membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan, membuka jalan bagi lebih banyak penerbangan ke wilayah dan dari Israel.

Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) mengatakan pada hari Kamis bahwa wilayah udara negara itu sekarang terbuka untuk semua operator yang memenuhi persyaratannya untuk penerbangan.

Hal tersebut dilakukan, sejalan dengan konvensi internasional yang mengatakan tidak boleh ada diskriminasi antara pesawat sipil.

Baca Juga: Fajar Rian Menang, Berhasil Ciptakan All Indonesian Semifinal Singapore Open 2022

"Keputusan itu akan melengkapi upaya yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan posisi kerajaan sebagai pusat global yang menghubungkan tiga benua dan meningkatkan konektivitas udara internasional”, GACA menambahkan dalam sebuah pernyataan dikutip prfmnews.id dari Al Jazeera pada Jumat, 15 Juli 2022.

Pengumuman kebijakan langit terbuka oleh Riyadh membuat kemungkinan penerbangan yang lebih pendek dari Asia ke Israel, karena maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut tidak lagi diharuskan mengambil jalan memutar yang panjang di sekitar Arab Saudi dalam perjalanan ke Israel.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang akan terbang ke kerajaan dari Israel pada hari Jumat sebagai bagian dari tur regional, menyambut baik langkah Arab Saudi.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tau Ini 7 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Salahsatunya Obat Jerawat, Kata dr Saddam Ismail

“Keputusan ini membuka jalan bagi kawasan Timur Tengah yang lebih terintegrasi, stabil, dan aman, yang sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran Amerika Serikat dan rakyat Amerika, serta untuk keamanan dan kemakmuran Israel,” kata Keamanan Nasional Gedung Putih Penasihat Jake Sullivan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x