Banyak Jemaah Haji 'Nyasar' Jalan Pulang, Jangan Panik, Ini Tipsnya

- 13 Juni 2022, 15:22 WIB
Ilustrasi jemaah haji asal Indonesia.
Ilustrasi jemaah haji asal Indonesia. /Moh Arief Gunawan/PR


PRFMNEWS - Banyak jemaah asal Indonesia yang beribadah di Masjid Nabawi kurang memperhatikan letak pemondokannya. Akibatnya, seringkali mereka tidak mengetahui arah jalan pulang.

Sekretaris Daerah Kerja Madinah, Abdillah MT menjelaskan, biasanya mereka yang tidak tahu arah pulang adalah jemaah baru yang belum pernah umrah atau berhaji.

Mereka biasanya tidak memperhatikan orientasi arah khususnya terkait pintu di Masjid Nabawi.

Baca Juga: Jemaah Indonesia Mulai Lakukan Umrah Wajib

Oleh karena itu, ada beberapa tips bagi jemaah. Menurut dia, jemaah tidak perlu panik jika tak tahu arah pulang.

"Usahakan jangan terpisah dari rombongan. Kalaupun terpisah usahakan bawa kartu nama hotel, sehingga bisa bertanya kepada orang atau petugas yang ada di sana," katanya, Senin 13 Juni 2022.

Tips kedua adalah memahami letak hotel dengan mengenali patokan atau tanda-tanda sat jemaah pergi dari hotel ke Nabawi. Hal lainnya adalah mencari petugas sektor khusus Nabawi.

Baca Juga: Jemaah Haji Tidak Boleh Lepas Gelang Ini, Perannya Vital

Sementara itu, terkait barang yang hilang diakuinya setiap hari selalu ada laporan terkait hal tersebut. Bentuknya pun beragam.

Abdillah menjelaskan, pihaknya sudah menunjuk satu orang petugas perempuan yang diberi surat dan tanda pengenal untuk mengurus barang yang hilang. Hal itu karena tidak sembarang orang bisa mengambilnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x