CEK FAKTA: Dites Antigen, Air Keran Positif Covid-19, Benarkah?

- 28 Juli 2021, 11:59 WIB
HOAKS - Video pengujian alat tes cepat Covid-19 dengan merk Abbott saat ditetesi air keran menunjukkan hasil reaktf.*
HOAKS - Video pengujian alat tes cepat Covid-19 dengan merk Abbott saat ditetesi air keran menunjukkan hasil reaktf.* //ANTARA


PRFMNEWS - Beredar sebuah video yang menunjukkan air keran positif Covid-19 saat dites dengan alat Rapid Test Antigen.

Dalam video itu dituliskan narasi "Swab Uji Tes Antigen Dengan Tetes Air Keran Dan Apa Yang Terjadi Air Keran Positif Covid-19. Bagikan Video Ini Sehingga Seluruh Dunia Tahu Dan Menyadari Bahwa Tes Ini Benar-Benar Penipuan.!"

Sampel air keran secara langsung dialiri ke Rapid Test Antigen, kemudian menunjukkan dua garis dari alat tersebut yang berarti hasil positif Covid-19.

Baca Juga: HOAKS: Link Website danabantuan-ppkm.online untuk Pencairan Bansos PPKM Rp300 Ribu

Benarkah informasi tersebut?

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Turn Back Hoax, informasi air keran bisa positif Covid-19 dari alat Rapid Test Antigen adalah tidak benar.

Klaim yang menunjukkan air keran positif tersebut salah karena penggunaan alat Device Rapid Test Antigen tersebut tidak digunakan dengan benar.

Juru bicara Abbott, penyedia alat tersebut mengatakan alat Antigen hanya bisa digunakan dengan sampel yang diambil dengan usap yang dimasukkan melalui hidung tidak untuk sampel air atau cairan lainnya.

Baca Juga: Benarkah di Probolinggo ada 5 Orang Serumah Meninggal Bersamaan Usai Vaksin? CEK FAKTA

Begitu pula diungkapkan Epidemiolog Universitas Griffith, Dicky Budiman. Ia mengatakan bahwa SARS-CoV-2 tidak ditularkan melalui air tapi melalui udara sehingga air biasa tidak akan terdeteksi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x