BBPLK Bandung Siapkan Program Pelatihan Untuk Industri di Kawasan Metropolitan Rebana

- 20 November 2020, 08:24 WIB
Kunjungan Komisi IX DPR RI ke BBPLK Bandung, Kamis 19 November 2020
Kunjungan Komisi IX DPR RI ke BBPLK Bandung, Kamis 19 November 2020 /dok BBPLK Bandung

 

PRFMNEWS - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung memastikan program pelatihan yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.

Kepala BBPLK Bandung, Aan Subhan mengatakan, pihaknya selama ini sudah bekerjasama dengan berbagai industri untuk menyesuaikan materi pelatihan, salahsatunya yaitu di bidang otomotif dan manufaktur.

Begitu pun pihaknya mendorong lulusan SMK yang dilatih di BBPLK Bandung agar bisa terserap oleh industri yang sesuai kemampuannya.

"Karena pengangguran banyak dari SMK, yang seharusnya mereka bisa langsung kerja, tapi ternyata harus latihan di BLK lagi. Kita juga rekrut untuk pelatihan dan bisa ditempatkan di industri," ujar Aan saat menemani kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di BBPLK Bandung, Jalan Gatot Subroto, Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: Kunjungi BBPLK Bandung, Komisi IX DPR: Perlu Terobosan Baru di Tengah Pandemi

Terkait hadirnya Kawasan Metropolitan Rebana yang berada di wilayah utara dan timur Jawa Barat, Aan memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas ketenagakerjaan untuk menyiapkan program-program yang sesuai dengan lapangan pekerjaan baru di sana.

Ia ingin semua lulusan BBPLK sesuai dengan apa yang diharapkan industri, sehingga program pelatihan harus sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Permasalahannya selama ini bukan tidak ada lowongan kerja, tapi posisi kerjaan itu tidak cocok dengan kemampuan pelamar kerja. Makanya dilatih di BLK Bandung, tapi mengutamakan match dengan industri," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kemnaker, Bambang Satrio Lelono menuturkan, BBPLK dituntut harus bisa melatih tenaga kerja terampil untuk memenuhi pasar kerja yang semakin berkembang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x