Tunggu Data Riset Vaksin Covid-19 dari Brasil, BPOM: Nanti Datanya Padukan dengan Data di Indonesia

- 19 November 2020, 17:59 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona. Otoritas Brasil umumkan satu relawan uji klinis vaksin meninggal dunia pada Rabu 21 Oktober 2020.
Ilustrasi vaksin virus corona. Otoritas Brasil umumkan satu relawan uji klinis vaksin meninggal dunia pada Rabu 21 Oktober 2020. /Dok PRFM.

PRFMNEWS – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) saat ini tengah menunggu data riset vaksin Covid-19, Sinovac buatan China yang tengah diuji khasiat dan keamanannya di Brasil.

Nantinya, menurut Kepala BPOM Penny K Lukito, pihaknya bakal menggabungkan data riset uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia dan Brasil.

"Data dari Tahap 3 uji vaksin di Brasil kami belum bisa mendapatkan. Kami selalu berkomunikasi bersama otoritas-otoritas obat terkait. Brasil juga menguji Sinovac yang sama dengan Indonesia," kata dia dilansir dari ANTARA, Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: dr Tirta Sebut Satgas Covid-19 Saat Ini Tidak Punya ‘Taring’

Terkait dengan pemberian izin darurat (EUA) terhadap vaksin Covid-19 yang bisa dilakukan oleh BPOM, Penny mengaku pihaknya bakal secara seksama dan saintifik melakukan pengujian. Pasalnya, hal ini terkait dengan keamanan antivirus tehadap manusia.

Diketahui pengujian tahap 3 vaksin Sinovac di Brasil sudah dimulai lebih awal ketimbang Indonesia.

Semula, dalam perencanaan, Brasil sudah bisa mengeluarkan data uji coba setelah tiga bulan setelah pertama dites. Namun, Penny mengatakan baru-baru ini menyebut Brasil baru bisa memaparkan data uji vaksin Sinovac pada pekan ketiga atau keempat Januari 2020.

Baca Juga: PB IDI Tanggapi Gelaran Libur Panjang di Akhir Tahun dengan Data: Ada Fenomena Menarik

Sementara Indonesia sendiri rencananya pada pekan pertama atau kedua sudah bisa menyampaikan data uji antivirus Covid-19.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x