Pakar Epidemiologi Klinis Sebut Epidemi Covid-19 Sudah Hampir Matang

- 19 November 2020, 21:07 WIB
Ilustrasi virus corona Covid-19.
Ilustrasi virus corona Covid-19. /PIXABAY/geralt

PRFMNEWS – Pakar epidemiologi klinis dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bony Wiem Lestari menyatakan setelah sembilan bulan pandemi Covid-19, kasus penularannya sudah menjangkau klaster rumah tangga.

Artinya, jika dilihat dari sisi epidemiologi, maka epidemi Covid-19 ini sudah hampir matang alias mature. Sehingga menurutnya cara yang paling ampuh untuk menekan penyebaran virus tersebut adalah dengan cara memperketat protokol kesehatan.

“Itu tanda bahwa epideminya sudah hampir matang kalau dari sisi epidemiologi, bagaimana penularan sudah banyak di masyarakat di komunitas sudah bukan klaster lagi,” ungkapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Kamis 19 November 2020.

Baca Juga: Update Sebaran Corona di Kabupaten Bandung 19 November, Hanya Tiga Kecamatan Tanpa Kasus Covid-19

Pengetatan protokol kesehatan itu dilakukan sembari menunggu vaksin dan obat yang saat ini tengah dipersiapkan.

Berkenaan dengan itu pula, seharusnya pelonggaran dan pengetatan kebijakan protokol kesehatan oleh pemerintah pun harus memperhatikan sejumlah aspek.

“Kembali lagi saat ini obat yang efektif atau vaksin yang saat ini diharapkan kan belum siap untuk di implementasi dengan skala luas. Obat belum ada vaksin juga belum siap. Sehingga saat ini kalau kita ibaratnya sedang berperang, hanya protokol nih yang bisa kita lakukan. Jadi pengetatan pelonggaran di masyarakat seyogyanya tetap dilihat dari penyebaran penyakitnya seperti apa,” jelasnya.

Baca Juga: SK Terbit, Aceh dan Sumatera Utara Resmi Jadi Tuan Rumah Pon XXI

Bony menyatakan, belakangan dirinya memperhatikan adanya pembiaran di masyarakat meskipun daerahnya ditetapkan dengan zona risiko yang tinggi. Karenanya ia pun menyayangkan hal itu terjadi.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x