Kosambi Ternyata Diambil dari Nama Pohon Setinggi 40 Meter, Begini Asal-usul Penamaannya di Bandung

- 10 Juni 2024, 13:30 WIB
SITUASI arah timur Bandung di Jalan Raya Pos, kemungkinan di daerah Kosambi yang mengarah ke Cicadas, setelah masa bersiap April 1946, yang difoto serdadu Belanda, Willem van de Poll.*/NATIONAAL ARCHIEF BELANDA
SITUASI arah timur Bandung di Jalan Raya Pos, kemungkinan di daerah Kosambi yang mengarah ke Cicadas, setelah masa bersiap April 1946, yang difoto serdadu Belanda, Willem van de Poll.*/NATIONAAL ARCHIEF BELANDA /

 

BANDUNG, PRFMNEWS - Kosambi yang merupakan kawasan populer di Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung punya sejarah menarik terkait penamaannya.

Simak berikut asal-usul nama atau toponomi Kosambi di Kota Bandung.

Seperti kita tahu, Kosambi terkenal dengan adanya pasar tradisional dan pertokoan yang menjajakan barang serta kebutuhan pokok sehari-hari.

Saat ini di Pasar Kosambi juga ada The Hallway Space yang merupakan ruang kreatif anak muda untuk berekspresi.

Tak jarang saat akhir pekan, libur panjang, atau menjelang Lebaran, kawasan Kosambi selalu padat dengan kunjungan warga yang ingin berbelanja.

Baca Juga: Urai Macet, Underpass 600 Meter Diresmikan Ridwan Kamil Jadi Penghubung 4 Daerah Dibangun di Bawah Rel

Berbicara tentang Kosambi, tahukah Anda bagaimana asal-usul penamaannya?

Pertigaan Jalan Ahmad Yani depan Pasar Kosambi-Jalan Cipaera Bandung, pada masa kini. dahulu pernah banyak penjual keliling kasur kapuk.
Pertigaan Jalan Ahmad Yani depan Pasar Kosambi-Jalan Cipaera Bandung, pada masa kini. dahulu pernah banyak penjual keliling kasur kapuk. Google Maps

Dilansir dari akun Instagram @disbudpar.bdg pada Senin 10 Juni 2024, Kosambi berasal dari nama pohon Kosambi atau Kesambi yang memiliki nama ilmiah Schleichera Oleosa.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah